Bagaimana Tips Menulis Catatan Perjalanan Supaya Bisa Dinikmati Oleh Orang Banyak?

Bertraveling adalah sebuah kegiatan yang sangat menyenangkan, dengan bertraveling kita bisa melakukan berbagai hal, baik hanya untuk bersenang-senang maupun untuk mengerjakan suatu projek pekerjaan. Untuk mengabadikan setiap moment perjalanan setiap orang memiliki gaya nyaman masing-masing, ada yang mengabadikan setiap momen dengan cara berfoto, video, ada juga yang mengabdikan setiap momen perjalanan dengan cara menulis.

Bagaimana  Tips Menulis Catatan Perjalanan Supaya Bisa Dinikmati Oleh Orang Banyak?

Menulis sebuah perjalanan sangat trend dikalang ananak-anak muda sekarang ini, selain tulisan anda itu  bisa dinikmati diri sendiri, semua catatan perjalanan anda yang di muat di website, sosial media, maupun di media cetak secara tidak langsung anda telah menciptakan sebuah karya yang bisa dinikmati oleh orang banyak. Selain itu anda juga akan mendapatkan penghasilan yang lumayan besar.

Nah bagi anda yang tertarik untuk menulis catatan perjalanan, tapi masih bingung harus dimulai dari mana mengerjakannnya, anda kini jangan khawatir karena dibawah ini kami akan memberikan tips menulis catatan perjalanan yang bisa anda baca dan pelajari supaya tulisan anda sukses dan disukai oleh banyak orang.

Tips  yang pertama adalah mencatat semua momen selama perjalanan, mulai dari perjalanan pertama pergi sampai dengan perjalanan pulang. Tulis dalam sebuah buku kecil, jadi saat anda akan melakukan sebuah perjalanan jangan lupa membawa pulpen dan buku kecil, kenapa hal ini perlu dilakukan? Karena kalau hanya mengandalkan ingatan,kemungkinanan ada beberapa momen yang dilupakan.

Jika ada beberapa objek yang tidak anda ketahui, anda bisa menanyakan kepada orang-orang yang sudah tahu seluk beluk dari tempat tersebut, hal ini dilakukan untuk membuktikan bahwa semua hasil tulisan anda itu sesuai fakta.

  • Setelah melakukan perjalanan, hal selanjutnya adalah menulis, namun sebelum menulis anda harus memikirkan mau diarahkan kemana tulisan tersebut, siapa yang menjadi traget utama dari tulisan itu, gaya tulisannya mau kaya gimana, apa mau dimuat di blog, sosial media, media cetak, jurnal, artikel atau mau dimuat dalam sebuah novel.
  • Karena sebuah menulis catatan perjalanan itu menceirtakan sebuah pengalaman, maka Jalan cerita dalam tulisan  itu haruslah jelas, menarik, sesuai fakta, kemudian ceritakan secara jujur, setiap moment yang anda lihat dan rasakan selama melakukan perjalanan harus di tulis secara detail mulai dari hal-hal terkecil. Setiap informasi yang anda dapatkan selama perjalanan haruslah disampaikan sebenar-benarnya, jangan menutup-nutupi.
  • Abadikan juga dalam bentuk foto atau video setiap objek-objek yang anda lihat selama melakukan perjalanan. Foto-foto tersebut nantinya akan membuat tulisan anda akan semakin menarik, tidak monoton, dan akan lebih terlihat nyata, dan pastikan foto-foto yang dimasukkan kedalam tulisan tersebut jangan terlalu banyak, tetapi harus seimbang dengan isi tulisannya.
  • Saat menulis  sebuah catatan perjalanan agar tulisan anda itu mengundang para pembaca, satu hal yangharus diperhatikan adalah membuat sebuah pembukaan yang unik, berbeda dengan orang lain, harus semenarik mungkin, karena hampir semua orang saat akan melihat sebuah karya orang lain, hal pertama yang dilihat adalah judul atau kalimat pembukaanya, jika judulnya menarik dan unik, calon pembaca akan merasa penasaran dan tertarik untuk membacanya.
  • Jika tulisan anda sudah dimuat di website, blog, maupun media cetak, kita harus siap menerima semua kritikan dan saran dari orang lain, karena semua kritikan dan saran tersebut bisa kita jadikan sebagai pembalajaran untuk kita, supaya kita bisa menghasilkan sebuah karya tulisan yang lebih bagus lagi.

Itulah beberapa tips menulis catatan perjalanan yang bisa anda jadikan referensi ketika suatu saat nanti anda sudah siap untuk menjadi seorang penulis. Dan semoga bermanfaat.